HMJ AKUNTANSI PERIODE 2018/2019

HMJ AKUNTANSI PERIODE 2018/2019

Rabu, 04 Juni 2014

Kunjungan Perusahaan PT. Semen Tonasa oleh Mahasiswa Akuntansi FE UAJM

      Kunjungan Perusahaan yang merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UAJM yang tujuannya kali ini yakni PT. Semen Tonasa dibagi kedalam 2 gelombang dilaksanakan pada tanggal 03 Juni  dan 12 Juni 2014. PT. Semen Tonasa sendiri merupakan produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur yang menempati luas lahan 715 hektar. Gelombang 1 yang diikuti oleh 80 mahasiswa jurusan Akuntansi serta para panitia pelaksana dan para Dosen pembimbing berjalan dengan
baik dan memberi kesan edukatif yang baik bagi mahasiswa untuk mampu mengetahui lebih dalam tentang proses produksi perusahaan manufaktur. Walapun banyak kendala yang dialami dalam pelaksanaan Kunjungan Perusahaan gelombang 1 ini, tapi dengan bimbingan Doa dan kerja keras semua panitia, program kerja ini pun berjalan dengan lancar dan baik.
    
      Dimulai, pukul 06.30 WITA para mahasiswa yang menjadi peserta dalam Kunjungan Perusahaan ini telah berkumpul di Aula Serbaguna UAJM untuk melakukan registrasi peserta. Pukul 08.30 bus yang akan mengantar para peserta akhirnya datang dan siap berangkat. Perjalanan menuju tujuan yakni PT. Semen Tonasa di daerah Pangkep yang merupakan salah satu daerah Industri dan penyangga kota Makassar memakan waktu hampir 2 jam lamanya. 

     Pukul 10.00 WITA bus peserta akhirnya sampai ditujuan. Sesampainya disana, para peserta diajak untuk berkeliling melihat unit-unit dari Pabrik besar PT. Semen Tonasa, dimulai dari Unit II sampai Unit V yang tahun 2012 kemarin tepatnya bulan Februari diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Unit pabrik II dan III menurut informasi yang didapatkan penulis, mampu menghasilkan 590.000 ton semen per tahun, untuk Unit pabrik IV mampu menghasilkan 2.300.000 ton per tahun sedangkan Unit V mampu menghasilkan 2.500.000 ton semen per tahunnya. 

    Setelah berkeliling selama 30 menit disepanjang pabrik PT. Semen Tonasa, para peserta kemudian diajak untuk masuk ke Kantor Pusat PT. Semen Tonasa. Kegiatan yang berlangsung disini ialah sesi pengenalan lebih jauh tentang Profil PT. Semen Tonasa serta kesempatan diskusi yang diberikan kepada para Mahasiswa. Kesempatan ini digunakan sebaik mungkin oleh mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa saja yang mereka ingin ketahui dari proses produksi PT. Semen Tonasa. Kendala yang secara umum dialami oleh mahasiswa ialah tidak diperbolehkan untuk melihat secara langsung proses produksi semen ke pabriknya. Dikarenakan tidak adanya alat kesehatan yang disediakan untuk kegiatan itu.

   Kegiatan diskusi ini berlangsung sampai jam 12.00 WITA yang juga merupakan akhir dari Kunjungan Perusahaan kali ini. Ada banyak yang bisa didapatkan dari proses pembelajaran ini, yang nantinya akan dilaporkan dalam bentuk Makalah untuk pembuatan tugas mata kuliah Manajemen Operasional. Dan Kunjungan Perusahaan ini akan diikuti kembali oleh mahasiswa Gelombang II pada tanggal 12 Juni nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar