HMJ AKUNTANSI PERIODE 2017/2018

HMJ AKUNTANSI PERIODE 2017/2018

Minggu, 11 Mei 2014

Dua Tim dari Univ. Atma Jaya yang mengikuti PEDATI di UNM berhasil memenuhi target

PEDATI (Pekan Day Accounting) yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 10-11 Mei 2014 yang diadakan di Gedung Senat Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) diikuti oleh 24 tim yang kemudian disaring menjadi 12 tim. Universitas Atma Jaya Makassar berhasil meloloskan 2 timnya bersama sepuluh tim lainnya dari Universitas yang lain. Sebelum mengikuti kompetisi yang diadakan pada tanggal 11 Mei hari ini, para peserta diwajibkan untuk mengikuti seminar mengenai Asian Economic Comunity (AEC)  yang diadakan 10 Mei kemarin dari pukul 08.00 - selesai. Tujuan seminar ini ialah bukan hanya untuk mempersiapkan peserta menghadapi AFTA 2015 tapi sebagai tema lomba di sesi Debate. 

     Pukul 07.30 WITA tanggal 11 Mei 2014, 2 tim delegasi dari Univ. Atma Jaya Makasar didampingi oleh Sir. Robert Jao masuk ke Gedung Senat Fakultas Ekonomi lt. 3 untuk melakukan registrasi ulang untuk mengikuti lomba. 2 tim dari Univ. Atma Jaya ini berada dalam regu yang sama yaitu regu B sehingga mereka dibawa oleh panitia pelaksana ke ruang yang lain untuk menunggu selesainya regu A. Pukul 11.30 tepatnya ketika Regu A telah menyelesaikan sesi 1 yakni Think Fast, dimulai pula sesi dimana regu B harus masuk untuk menjalani kegiatan yang sama. 

     Babak Think Fast ini berlangsung seru, dimana tim 3 dari Univ. Atma Jaya Makassar berhasil mengumpulkan 85 poin kemudian tim 2 mengumpulkan 165 poin diikuti STIEM Palopo dengan 85 poin yang berhasil membawa mereka untuk melaju kebabak selanjutnya yaitu Presentasion Stage dimana mereka akan bertemu dengan tim dari regu sebelumnya yakni 3 tim perwakilan dari  Politeknik Negeri Ujung Pandang. 

      Babak Presentasion Stage pun dimulai, dalam babak ini para peserta bukan hanya ditutut untuk memberikan presentasi dengan jawaban yang jelas dari kasus yang diberikan namun juga model presentasinya pun harus menarik bagi juri. Dari babak ini, berhasil tersaring 4 tim yakni 2 tim dari  Politeknik Negeri Ujung Pandang dan 2 tim dari Universitas Atma Jaya Makassar yang secara otomatis akan memperebutkan Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1 pada babak Final yakni Debate.

      Babak terakhir yakni Debate pun dimulai, tema yang diambil yakni "AEC 2015 MENGUNTUNG AKUNTAN INDONESIA". Pada babak ini, 2 tim dari Univ. Atma Jaya berada pada tim Kontra dan PNJP berada pada sisi Pro. Debate pun dimulai dan berlangsung seru. Namun, bukan pertentangan negatif yang diutamakan dari Debate ini melainkan solusi terbaik bagi persiapan negara kita untuk menghadapi AEC ini. 

    Setelah babak Final berakhir, panitia pun mengumunkan pemenang dari PEDATI 2014 yakni:
Juara 1 : PNUP tim 2, Juara 2 : UAJM tim 2, Juara 3 : PNUP tim 3 dan Harapan 1: UAJM tim 3. Demikianlah akhir dari acara ini, semoga kita dapat mendapatkan hasil yang positif dari kegiatan semacam ini. Semoga calon akuntan Indonesia dapat menjadikannya pelajaran untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi persaingan AEC 2015 yang sebentar lagi akan dimulai. 

--Hezron--

     

1 komentar: